Pemdes di Kabupaten Cirebon Diminta Terlibat Penanganan dan Pengelolaan Sampah

Pemdes di Kabupaten Cirebon Diminta Terlibat Penanganan dan Pengelolaan Sampah

CIREBON - Persoalan sampah masih menjadi sorotan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon. Bupati Cirebon meminta pemerintah desa (pemdes) untuk ikut terlibat dalam penanganan dan pengelolaan sampah yang ada di wilayahnya.

\"Aturan mengenai pengelolaan sampah, sudah diatur juga dalam Peraturan Bupati (Perbup). Jadi tidak semuanya diserahkan ke Pemkab,\" ujar Bupati Cirebon, Imron, Sabtu (19/9).

Bupati menuturkan, Pemkab Cirebon akan tetap membantu dalam penanganan sampah jika wilayah tersebut mengalami over capacity.

Baca juga:

166 Kasus Covid-19, Hanya Tinggal 1 Zona Hijau di Kota Cirebon

Sehari Dua Kecelakaan di Wilayah Hukum Polsek Kedawung, 1 Tewas, 3 Luka Serius

Usai Memerkosa Santai Merokok

\"Contohnya jika di suatu wilayah volume sampahnya terlalu besar, baik itu dikarenakan ada pasar atau lainnya, nanti pemkab akan membantu menangani sampah yang over tersebut. Jadi, kita akan membantu, jika memang sampahnya terlalu banyak,\" katanya.

Untuk pengelolaan sampah tersebut, Imron menyebutkan, pemerintah desa bisa menggunkaan dana desa.

\"Ada sejumlah desa yang sedang dilakukan percontohan dalam pengelolaan sampah. Desa tersebut yakni di Tengah Tani, Beber dan Plumbon yang sedang menjadi percontohan pengelolaan sampah. Jika ini berhasil, nanti desa lainnya bisa belajar,\" sebutnya.

Yang terpenting dalam menjaga lingkungan, lanjut Bupati, yaitu kesadaran semua pihak. Baik itu masyarakat, pemerintah desa ataupun pemerintah daerah.

\"Jika hanya salah satunya saja yang memiliki kesadaran, maka program lingkungan tersebut tidak akan berjalan. Seperti halnya, masyarakat sudah siap buang sampah pada tempatnya. Tapi ternyata, tidak ada tempat pembuangannya,\" pungkasnya. (rdh)

https://youtu.be/fvRFCmF8W5c

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: